Friday, February 27, 2015

Potensi Kenaikan Harga Emas Mulai Terbuka Didukung Suku Bunga Rendah di AS

Potensi Kenaikan Harga Emas Mulai Terbuka Didukung Suku Bunga Rendah di AS

Harga emas di akhir perdagangan Jumat dini hari mengalami kenaikan yang cukup mantap (27/2). Harga emas melanjutkan kenaikan untuk dua sesi berturut-turut dan sempat mencapai posisi paling tinggi dalam 9 hari belakangan.

Kenaikan harga emas masih didukung oleh komentar Gubernur Fed Janet Yellen yang menyatakan bahwa tingkat suku bunga rendah di Amerika Serikat masih akan dipertahankan dalam beberapa bulan mendatang. Pernyataan Yellen tersebut memberikan tekanan terhadap mata uang dollar dan mendukung harga emas. Yellen mengatakan bahwa meskipun Fed akan mempertimbangkan untuk menaikkan suku bunga acuan pada pertemuan bulanannya, kenaikan tampaknya belum akan terjadi untuk beberapa bulan ke depan.

Sentiment positif dari komentar Yellen tersebut mendominasi arahan di pasar emas. Tadi malam rilis data ekonomi dari Amerika Serikat menunjukkan kondisi yang baik sehingga mengangkat nilai tukar dollar yang kemarin sempat tertekan. Akan tetapi hal tersebut tidak mampu memberikan tekanan melemah pada pergerakan harga emas. Data pesanan barang durable AS di bulan Januari meningkat lebih baik dari ekspektasi.

Harga emas spot pada akhir perdagangan dini hari tadi ditutup pada posisi 1209,10 dollar per troy ons. Harga emas spot mengalami kenaikan sebesar 4,55 dollar atau setara dengan 0,37 persen dibandingkan penutupan perdagangan sebelumnya. Pada perdagangan malam tadi harga sempat mengalami peningkatan ke level harian tertinggi di posisi 1219,85 dollar per troy ons yang merupakan posisi paling tinggi sejak tanggal 17 Februari lalu.

Harga emas berjangka Comex pada penutupan perdagangan dini hari tadi juga tampak mengalami penguatan. Harga emas berjangka untuk kontrak April terangkat sebesar 8,60 dollar atau 0,6 persen di posisi 1210,10 dollar per troy ons.

Analyst Vibiz Research Center memperkirakan bahwa pergerakan harga emas spot LLG akan cenderung naik terbatas pada perdagangan di Asia hari ini. Harga tampak masih ragu-ragu untuk melanjutkan kenaikan terlihat dari kembali terpukulnya harga komoditas setelah sempat capai level harian tertinggi. Tarik-menarik sentiment di pasar emas berpotensi membuat pergerakan harga fluktuatif.

Harga emas berpotensi mengetes level resistance pada posisi 1220 dollar per troy ons. Jika berhasil ditembus harga akan melanjutkan kenaikan lagi ke posisi 1230 dollar. Sedangkan jika terjadi retreat melemah harga akan mengetes level support pada posisi 1200 dollar. Jika berhasil ditembus harga akan melanjutkan kenaikan ke posisi 1190 dollar.


sumber

Blog Archive