Friday, February 27, 2015

Dari Riau, Ada Batu Akik Laksamana Indragiri yang Banyak Dicari Orang

Dari Riau, Ada Batu Akik Laksamana Indragiri yang Banyak Dicari Orang

Demam batu akik juga melanda di Riau. Di negeri Bumi Lancang Kuning ini, memiliki salah satu andalan batu akik yakni batu laksamana.

Jika sejumlah daerah punya batu akik andalah, seperti giok Aceh, Klawing di Purbalingga, Sungai Daereh di Sumatera Barat, Bacan di Ternate, maka Riau juga punya batu akik Laksamana.

Batu akik laksamana ini paling banyak berada di Kabupaten Indragiri Hulu. Karenanya, nama batu akik inipun lengkapnya disebut batu laksamana Indragiri.

Bongkahan batu alam ini, banyak dijumpai di dasar sungai Indragiri yang membentang dari hulu bagian Sumatera Barat, hingga mengalir ke Kabupaten Kuantan Singingi dan melintas ke Indragiri.

Selain di kawasan dasar sungai, batu laksamana Indragiri ini juga ditemukan di sekitar perbukitan yang tidak juah dari bantaran sungai Indragiri.

Batu akik laksamana ini, warnanya lebih kalem tidak terlalu mentereng sebagaimana warna batu akik jenis bacan. Kendati demikian, batu akik jenis laksamana Indragiri ini, paling tidak punya empat warna. Ada warna merah, kuning, oren dan warna lumut.

Menurut Ketua Pecinta Batu Asah Kilat (PBASKI) Kabupaten Indragiri Hulu, Mujid Tahid, jenis batu akik laksamana indragiri terbagi dari beberapa jenis.

Dari Riau, Ada Batu Akik Laksamana Indragiri yang Banyak Dicari Orang

Pertama, jenis batu akik laksamana indragiri jenis posil, lumut, kristal posil dan laksamana biduri.

"Untuk jenis fosil dengan warnaabu-abu kekuningan, kalau diasah serat posilnya tampal dengan jelas, namun fosil tidka tembus cahaya," kata Mujid yang ditemui detikcom, Kamis (26/2/2015) malam di acara kontes batu akik yang digelar di Makorem 031 Wira Bima, Pekanbaru.

Namun untuk jenis batu laksamana lainnya, lanjut Mujid, bila sudah diasah, maka batu akan kelihat mengkilat dan bening. Bila disorot dengan lampu maka cahaya akan tembus.

Harga yang ditawarkan dalam pameran batu ini bervariasi. Dengan ukuran batu cincin terbesar sekaligus ring, maka harganya berkisar Rp 500 ribu. Untuk ukuran sedang antara Rp 250 ribu hingga Rp 300 ribu.

"Kita hanya khusus memamerkan batu jenis laksamana Indragiri khas Riau. Batu khas Riau ini juga tidak kalah menariknya dengan batu lainnya," kata Mujid.

Jika anda penasaran bagaimana kinclongnya batu laksamana indragiri ini, silahkan berkunjung ke Makorem Wira Bima Pekanbaru. detik.com

Blog Archive