Friday, February 27, 2015

Unik! Desa Muslim di Thailand Punya Lapangan Futsal Terapung

Unik! Desa Muslim di Thailand Punya Lapangan Futsal Terapung
Lapangan futsal terapung di Ko Panyi, Thailand (Sastri/detikTravel)

Ada yang unik dari pulau cantik Ko Panyi di Provinsi Phang Nga, Thailand. Selain punya masjid kubah emas, desa Muslim ini juga punya lapangan futsal terapung. Seperti apa?

Pulau Panyi alias Ko Panyi adalah desa Muslim yang menempati salah satu pulau cantik di Provinsi Phang Nga. Wilayah ini terkenal oleh pulau-pulau karang cantik, salah satunya adalah James Bond Island.

Penduduk yang seluruhnya Muslim bukan satu-satunya hal unik di Ko Panyi. Pulau ini juga punya masjid dengan kubah berwarna emas, juga lapangan futsal terapung.

Ya, detikTravel melihatnya sendiri saat berkunjung ke Ko Panyi atas undangan Tourism Authority of Thailand (TAT) dan AirAsia Indonesia. Ko Panyi adalah salah satu destinasi populer paket tur dari Phuket.

Sekitar 1 jam perjalanan laut dari Phuket, kapal merapat ke dermaga. Rumah-rumah terapung sudah tampak dari kejauhan. Beberapa kubah emas dari Masjid Panyi sudah terlihat. Begitu turun ke dermaga, lapangan futsal terapung itu pun terlihat.

Letaknya persis di sebelah dermaga. Lapangan ini memiliki panjang sekitar 30 meter dengan lebar sekitar 10 meter. Di tiap ujungnya terdapat gawang kecil seperti di lapangan futsal pada umumnya.

"Lapangan ini jadi salah satu ikon Moslem Village alias Ko Panyi," tutur Ahmad, pemandu dari TAT di sela-sela kunjungan ke Ko Panyi beberapa waktu lalu.

Kata 'Panyi' sendiri, kata Ahmad, berasal dari bahasa Jawa yakni 'panji' alias 'bendera'. Memang, 2 keluarga yang pertama kali menduduki pulau ini berasal dari Jawa.

"Kini populasinya sekitar 2.000 orang," tambahnya.

Ko Panyi juga punya pasar tradisional dan kios-kios penjual suvenir. Anda juga bisa mencicipi aneka kuliner halal seperti udang kering dan donat isi custard rumput laut.

Unik! Desa Muslim di Thailand Punya Lapangan Futsal Terapung

sumber: detik.com

Blog Archive